Anjing Rabies Gigit Lima Warga Susut

By on March 20, 2017
Anjing Rabies Gigit Lima Warga Susut

Bangli, DenPost

Warga Bangli kembali diresahkan kasus rabies. Jumat (17/3) lalu, seekor anjing positif rabies menyerang lima warga di Banjar Selat Nyuhan, Desa Pengiangan, Susut. Sementara itu, stok serum anti-rabies (SAR) kosong sejak beberapa bulan terakhir.Informasinya, pascadigigit anjing rabies, korban sempat dibawa ke Puskesmas Kayuambua, Susut untuk mendapat vaksin anti-rabies (VAR). Tetapi karena hasil lab terhadap sampel otak anjing positif rabies, korban gigitan resah dan berusaha mendapatkan SAR. Kelima korban gigitan anjing gila tersebut yakni Sang Made Permana Yuda (29) warga Selat Nyuhan; Putu Ayu Kartika Dewi (4) warga Selat Kaja Kauh, Desa Selat; Dewa Ayu Nirmala (4); Ni Nyoman Jamin dan Ni Wayan Parsi, warga Selat.

Setelah kejadian, anjing yang menggigit sejumlah warga langsung dibunuh. Petugas kesehatan yang mengetahui anjing sudah dibunuh meminta tempat penguburannya dibongkar. Sampel otak diambil dan dibawa ke lab. Hasilnya, anjing tersebut dinyatakan positif rabies.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bangli, dr. Nengah Nadi, didampingi Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular, Nyoman Sudarma, mengatakan, sampai saat ini stok VAR di Kabupaten Bangli aman. Khusus SAR, lanjut Sudarma, stoknya memang kosong dari distributornya di Prancis sejak beberapa bulan terakhir. Kondisi ini terjadi di seluruh Bali dan Indonesia. Semua rumah sakit pemerintah tidak memiliki stok SAR. Menurut informasi dari Kementerian Kesehatan, SAR hanya terdapat di Singapura dan India. ‘’Diperkirakan SAR baru akan ada bulan Mei dan Juni,’’ imbuh Sudarma.

Ditambahkan Sudarma, kalau gigitan berisiko rendah, menurutnya tidak perlu mendapatkan SAR. SAR wajib diberikan bila korban mendapatkan gigitan di leher, muka, kepala, ujung jari, kemaluan dan luka lebih dari satu. (122)

BACA  Pura Paibon Merik Sumirik Terbakar

Komentar

Komentar

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>