Gas Gratis dari Pemkab di TPA Sente Ngadat

By on March 19, 2017
Gas Gratis dari Pemkab di TPA Sente Ngadat
Semarapura, DenPost
Upaya Pemkab Klungkung memanfaatkan sampah di TPA Sente, Desa Pikat, Dawan untuk menghasilkan gas metana ternyata tidak berjalan mulus. Pasalnya, gas metana yang disalurkan ke rumah warga secara gratis tiba-tiba ngadat. Padahal pemasangan instalasi gas metana di TPA Sente dilakukan bulan Desember lalu, dan  sudah didistribusikan secara gratis ke 20 KK di Dusun Sente. Namun, ternyata gas gratis dari pemerintah tersebut hanya dinikmati oleh warga selama dua bulan.

Sejumlah warga di Dusun Sente yang mendapat gas gratis dari Pemkab ini sempat pakrimik terkait hal tersebut. Apalagi gas alternatif bagi warga di Dusun Sente tersebut mulai macet dan tidak menghasilkan gas sejak sebulan lalu. Hal itu membuat warga terpaksa kembali menggunakan gas melon untuk memasak kebutuhan sehari-hari di dapur.  

“Iya, sejak sebulan lalu, gas dari TPA (gas metana) sudah tidak bisa keluar lagi. Terpaksa sekarang kita kembali beli gas elpiji 3 kilogram. Padahal bisa lebih irit kalau pakai gas dari TPA,” ujar salah seorang warga di Dusun Sente, Ni Nyoman Sustini, Minggu (19/3).
Kadus Sente, I Nengah Sutaryajana, ketika dikonfirmasi tidak menampik kalau kondisi gas metan dari TPA Sente macet. Menurut Sutaryajana, gas metana yang didistribusikan ke warga sudah macet sejak sebulan lalu. Namun, dia tidak mengetahui secara pasti kenapa gas gratis tersebut ngadat. Ia mencurigai gas metana tidak terdistribusikan dengan lancar karena sampah di TPA Sente  yang cenderung lembab.
“Kalau macetnya sekitar sebulan lalu. Mungkin ini karena  sampahnya masih lembab,” ujar Nengah Sutaryajana.
Di tempat terpisah Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, Anak Agung Kirana, ketika dikonfirmasi mengakui bahwa gas metana di TPA Sente saat ini dalam kondisi macet. Menurutnya, macetnya gas metana di TPA Sente disebabkan pipa instalasi gas metana dipenuhi oleh uap. Ia berencana akan melakukan perbaikan terhadap instalasi gas metana tersebut.
“Rencananya kita akan servis instalasinya. Kita masih cari waktu, karena kita akan mendatangkan ahlinya dari Malang, Jawa Timur. Selain itu, nanti agar blowernya juga dicek, sehingga gas metana kembali dapat dinikmati masyarakat,” ujar AA Kirana.
Meskipun saat ini gas metana di TPA Sente sedang macet, namun pendistibusian gas metana tahap selanjutnya akan kembali dilanjutkan tahun 2017 ini. Namun, distribusi gas metan dilakukan secara bertahap, karena masih ada sampah di sisi utara TPA Sente yang masih dapat diproses untuk menghasilkan gas metana. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Ribut Dengan Istri, Polisi Tembak Kepala

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>