Kandang Babi di Pasar Galiran Disemprot

By on March 17, 2017
Status KLB Meningitis Streptocuccus Suis Dicabut

Semarapura, DenPost

Pemkab Klungkung mengantisipasi merebaknya penyebaran bakteri meningitis streptococcus suis (MSS) yang diduga dapat ditularkan oleh babi. Jumat (17/3) kemarin, Dinas Pertanian Klungkung menyemprotkan disinfektan secara serentak terhadap kandang ternak babi di Pasar Galiran. Termasuk kandang milik peternak dan rumah potong hewan yang tersebar di wilayah Klungkung.Dari pantauan di Pasar Galiran, penyemprotan  tidak hanya menyasar ternak babi, namun juga ternak jenis lainnya seperti ayam dan bebek. Petugas juga membagikan secara gratis sarung tangan dan masker kepada pedagang hewan dan daging di pasar. Hal ini dilakukan untuk mencegah datangnya berbagai penyakit, seperti meningitis, flu burung dan lainnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian, Ida Kade Arga, mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penularan penyakit hewan yang bisa menyerang manusia. “Selain penyemprotan kami juga memberikan penyuluhan terkait tata cara mengolah atau memasak dan mengkonsumsi daging yang benar kepada pedagang dan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kata Agra, keluar-masuk hewan di Kabupaten Klungkung juga telah dideteksi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hewan yang tertular virus atau bakteri. Sedangkan pihak dokter hewan juga terus melakukan pemantauan ke peternak-peternak untuk menghindari penyakit menular. Karena penyakit hewan bisa cepat menyebar ketika terjadi peralihan cuaca. Apalagi saat terjadi cuaca buruk. “Yang jelas sejauh ini tidak ada korban di Klungkung yang terindikasi terserang MSS,” katanya. (119)

Komentar

Komentar

BACA  Buntut Beredarnya Beras Plastik

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>