Raskin Belum Tersebar, TNI Cek Gudang Bulog

By on March 16, 2017
BERAS MENUMPUK - Beras menumpuk di gudang bulog di Dusun Koripan Tengah, Banjarangkan, Klungkung, Kamis (17/3).

Semarapura, DenPost

Upaya pemerintah menyalurkan beras sejahtera (rastra) yang dulunya bernama beras miskin (raskin) ternyata tidak berjalan mulus di wilayah Klungkung. Sejak awal tahun 2017, beras tersebut belum dibagikan kepada warga rumah tangga sasaran (RTS). Semua beras untuk warga miskin tersebut masih tersimpan di gudang bulog yang berada di Dusun Koripan Tengah, Banjarangkan, Klungkung, Kamis (17/3).Tim Sergap (Serapan Gabah) Mabes TNI AD yang dipimpin  Kolonel Inf. Agus Ari Fadilah mengecek gudang bulog tersebut. Saat itu ada 1.784 ton beras bulog warga miskin di Klungkung dan Karangasem. Kepala Gudang Bulog, Made Raka Suparta, berdalih belum bisa menyalurkan beras tersebut karena ada perubahan data penerima beras rastra tahun 2017 dari Pusat.

Menurut Raka, data penerima di Klungkung dan Karangasem tahun 2016 mencapai  33.771 penerima. Tahun 2017 turun sepuluh persen menjadi  30.394 penerima. Dengan jumlah 15 kilogram, setiap penerima membayar uang pengganti Rp 1.600 per kilo. Raka juga mengaku telah melakukan berbagai upaya agar beras tidak cepat busuk. Di antaranya melakukan penyemprotan setiap sebulan sekali dan fungisasi atau pengasapan.

Sementara Agus Ari Fadilah berharap agar beras tersebut bisa tersebar dengan cepat. Apalagi serapan gabah petani oleh bulog di Bali saat ini masih nol. (119)

Komentar

Komentar

BACA  BKIPM Gagalkan Penyelundupan 13 Koral Hias

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>