Pembagian PHR Badung Dikritisi Fraksi-fraksi DPRD Bali

By on March 16, 2017
ilustrasi

Renon, DenPost

Pembagian langsung bantuan pajak hotel dan restoran (PHR) oleh Kabupaten Badung kepada kabupaten penerima dikritisi sejumlah fraksi di DPRD Bali. Fraksi Demokrat menilai pembagian langsung itu sebagai sesuatu yang aneh. Sedangkan Fraksi Partai Gerindra menilai hal itu tidak beretika.Itu sesuatu yang sangat aneh dan sangat lucu,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Bali, Wayan Adnyana, Kamis (16/3).

Menurutnya, kalau Badung menyerahkan langsung kepada daerah-daerah, nantinya Badung mengawasi daerah-daerah lainnya terkait penggunaan dana PHR itu. “Di situlah terjadi sesuatu yang sangat aneh dan sangat lucu. Karena satu kabupaten mengawasi kabupaten yang lain,” katanya.

Padahal, menurut dia, sesuai dengan jiwa otonomi daerah, setiap kabupaten/kota diberikan kekuasaan dalam mengatur daerahnya dan mengatur APBD-nya.

Sementara Ketua Fraksi Partai Gerindra, Nyoman Suyasa, menyatakan sejak awal tidak setuju Badung menyerahkan bantuan PHR-nya kepada kabupaten penerima. Menurutnya, semestinya penyerahan bantuan PHR itu tetap lewat Provinsi. “Kalau disalurkan langsung sepertinya mau melangkahi Provinsi. Itu tidak bagus juga. Karena Pemprov sebagai koordinator di Bali. Hirarkinya harus begitu. Kalau langsung, Pemprov ini tidak dianggap. Etika pemerintahannya jadinya tidak ada. Itu yang saya sesalkan,” ujar Suyasa.

Suyasa mengaku khawatir, dengan Badung menyerahkan langsung bantuan PHR-nya, akan muncul persepsi dan tudingan yang lain-lain. Misalnya politik atau yang lain. “Jadi kurang pas etikanya. Nanti bisa timbul raja-raja kecil. Masyarakat bisa menilai macam-macam,” katanya.   (106)

Komentar

Komentar

BACA  Ibu Kandung "Baby J" Ditangkap dan Ditahan

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>