KI dan KPID Keluhkan Anggaran Minim

By on March 8, 2017
RAPAT – Rapat Komisi I DPRD Bali dengan KI Provinsi Bali dan KPID Bali.

Renon, DenPost

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPI) Bali dan Komisi Informasi (KI) Provinsi Bali, Rabu (8/3), rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPRD Bali. Kedua lembaga tersebut mengeluhkan anggaran yang minim, sehingga untuk urusan resmipun kadang-kadang menggunakan uang pribadi.Rapat dipimpin Ketua Komisi I, Ketut Tama Tenaya. Rapat dihadiri Ketua KPID Bali, Made Sunarta, beserta anggota dan Ketua KI Provinsi Bali, Agus Astapa beserta anggota KI. Juga hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Bali, Nyoman Sujaya, yang membawahi kedua lembaga tersebut.

Agus Astapa menuturkan, anggaran yang diberikan Pemprov Bali dinilai jauh dari kata ideal. Dikatakannya, anggaran untuk KI tahun 2016 lalu Rp 400 juta. Sementara tahun 2017 menjadi Rp 550 juta. Meski ada peningkatan Rp 150 juta, tidak mampu menutupi kebutuhan operasional dalam setahun. Anggaran tersebut digunakan untuk honor komisioner dan staf Rp 309 juta, serta operasional lain seperti administrasi dan sosialisasi. Menurutnya, anggaran ideal dalam setahun minimal Rp 1 miliar.

Hal serupa dikeluhkan Ketua KPID Bali, Made Sunarta. Ia berharap perhatian pemerintah karena peran komisi penyiaran yang cukup krusial.

Ketua Komisi I, Ketut Tama Tenaya, meminta Diskominfo memberikan jalan keluar agar tidak saling sodok. Sementara Kepala Dinas Kominfo Bali, Nyoman Sujaya, menyatakan, keinginan menambah anggaran sulit terealisasi, sekalipun dimasukkan dalam APBD Perubahan. Menurutnya, jalan keluarnya adalah memanfaatkan dulu dana yang ada. Kata dia, dana itu mesti dikoreksi mana yang perlu dan mana yang tidak. (106)

Komentar

Komentar

BACA  Kelola Sampah Secara Mandiri

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>