110 Rumah Terkena Bencana Diusulkan Direhabilitasi

By on March 4, 2017
REHABILITASI- Sejumlah rumah yang rusak parah akibat bencana beberapa waktu lalu diusulkan untuk direhabilitasi.

Bangli, DenPost

Tercatat 110 unit rumah warga dari enam desa di Kecamatan Kintamani, diusulkan mendapat bantuan rehabilitasi (perbaikan), ke Kementerian Sosial RI. Seratusan rumah tersebut rusak parah akibat bencana tanah longsor, yang terjadi awal Februari lalu. Untuk memastikan kondisi rumah yang diusulkan bakal dilakukan verifikasi oleh pihak kementerian.

Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Bangli, Nengah Sukarta didampingi Sekdis Made Sudiarsa, Jumat (3/3) memaparkan bahwa 110 rumah yang diusulkan mendapat bantuan rehab menyebar di enam desa. Data yang diusulkan bakal dilakukan verifikasi. Besaran nilai bantuan juga berbeda-beda sesuai tingkat kerusakan.

Dikatakan, rumah rusak akibat bencana yang diusulkan rehab di Desa Batur Selatan sebanyak 56 unit. Selanjutnya di Desa Siakin 4 unit; Dausa 22 unit, Sukawana (Banjar Kubusalya) 7 unit, Kintamani 15 unit serta Subaya 6 unit. ‘’Inilah yang akan dilakukan verifikasi. Rencananya bantuan rehab berupa bahan material bangunan,’’ kata birokrat asal Banjar Pande, Bangli.

Sementara khusus bagi korban bencana yang tinggal di zona merah, untuk relokasi, sudah disiapkan lahan 90 are yang menyebar di dua lokasi. 60 are lahan di Banjar Yeh Mampeh dipersiapkan untuk merelokasi 50 KK warga Yeh Mampeh. Sedangkan 30 are lainnya disiapkan untuk merelokasi 26 KK warga Banjar Bantas, Desa Songan. Bentuk bangunan serta ukuran rumahnya akan disesuaian dengan jumlah anggota keluarga. ‘’Setelah rumahnya jadi, Dinas Sosial akan kembali mengajukan perlengkapan rumah tangga,’’ imbuh Sukarta.

Ditambahkan, dalam pertemuan dengan Menteri Sosial, lahan relokasi statusnya agar benar-benar dipastikan sehingga tidak memunculkan masalah. Selain rumah tersebut juga akan direncanakan perbaikan rumah warga korban bencana di Desa Awan 1 unit, Subaya 1 unit, Sukawana 1 unit serta Desa Selulung 2 unit. Untuk di Desa Selulung, rumah yang terkena dampak bencana merupakan bantuan bedah rumah propinsi. Sehingga untuk perbaikan ini sedang dikoordinasikan. (122)

Komentar

Komentar

BACA  Kekeringan, Belasan Hektar Padi Terancam Gagal Panen

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>