Setelah Pancoran Patung Naga, Kini Ditemukan Kolam

By on March 3, 2017
DenPost/istDITEMUKAN KOLAM - Sejumlah galian dilakukan oleh warga Banjar Mekar Sari, Desa Carangsari, Petang untuk menemukan struktur bangunan di lahan milik I Wayan Dapet.

Petang, DenPost

Setelah menemukan patung pancoran berkepala naga, penggalian di lahan milik Wayan Dapet di Banjar Mekar Sari, Desa Carangsari, Petang, terus dilanjutkan. Kali ini ditemukan kolam penampungan dari sumber mata air yang mengalir ke pura beji tersebut. “Dari kolam sudah sampai dasar kami gali, tapi airnya belum keluar,” kata Wayan Yuliana, yang ditemui di lokasi saat sedang bersih-bersih, Jumat (3/3).Yuliana yang juga putra dari Wayan Dapet ini menuturkan, pihaknya dan keluarga berniat mengembalikan fungsi pancoran yang dibuat oleh leluhurnya yang sempat tertimbun hingga ratusan tahun itu. “Ya kami ingin mengembalikan fungsinya sesuai dengan yang sudah sebelumnya,  karena ini kan peninggalan leluhur keluarga kami,” tutur pemuda yang berusia 30 tahun ini.

Seiring berjalanya waktu, pascapenemuan bulan lalu, pihaknya juga mengumpulkan informasi mengenai peninggalan yang berada tepat di belakang rumahnya itu. Sebuah turus lumbung juga didirikan di lokasi. Ia juga mengatakan, terdapat beberapa palinggih yang dulunya pernah berdiri di sana. Di antaranya palinggih Ratu Niang dan palinggih Dewi Kwan Im.

Lokasi penemuan pancoran ini merupakan sebuah jurang dengan aliran sungai di sampingnya dan tepat berada di belakang rumah Dapet atau sekitar 60 meter dari jalan raya jurusan Denpasar- Pelaga, Petang. (115)

Komentar

Komentar

BACA  Arus Balik, Belasan Duktang Dipulangkan

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>