Pemkot Operasikan Bus Sekolah Mulai Tahun Ajaran Baru

By on March 2, 2017
Pemkot Operasikan Bus Sekolah Mulai Tahun Ajaran Baru Dewan Agendakan Undang Dishub

Dewan Agendakan Undang Dishub

 

Dangin Puri, DenPost

Guna membangkitkan kembali angkutan umum, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) merancang pengadaan bus sekolah. Transportasi antar-jemput siswa tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada tahun ajaran baru.

Terhadap rencana tersebut, beberapa anggota DPRD Kota Denpasar mengaku belum mengetahui secara rinci mengenai programnya. Untuk itu, mereka akan mengadakan rapat kerja dengan Dishub. Hal itu disampaikan beberapa anggota DPRD Kota Denpasar, seperti Kadek Agus Arya Wibawa, I Wayan Warka dan Gede Made Arya Jembawan.

’’Berdasarkan informasi, memang benar ada program pengadaan enam unit bus sekolah. Namun, kami belum tahu secara rinci bagaimana operasionalnya nanti. Inilah yang perlu diminta penjelasan dari Dishub,’’ kata Agus Arya Wibawa Rabu (1/3) kemarin.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi IV, I Wayan Warka dan anggotanya, Gede Arya Jembawan. Keduanya mengaku baru mendengar rencana pengadaan bus sekolah itu. Karena itu, kedua wakil rakyat itu sependapat perlu ada penjelasan lebih lanjut dari instansi terkait. ’’Khususnya terkait operasional bus. Rute ke mana saja dan siswa yang mana akan dilayani. Ini perlu dipertegas,’’ kata Arya Jembawan.

Arya Jembawan mengakui khawatir jika pengadaan bus sekolah itu kurang efektif. Terlebih saat ini Pemkot Denpasar memerlukan dana lebih untuk mendukung biaya pendidikan, menyusul diberlakukannya sekolah bebas pungutan. ’’Jika memang pengadaan bus sudah pasti, kami inginkan ada kejelasan menganai operasional maupun efektivitas pelayanan,’’ ujar Arya Jembawan.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Gede Astika, ketika dihubungi via telepon mengatakan pengadaan bus sekolah tersebut kini sedang dalam proses. ’’Armadanya sudah dipesan dan sesuai rencana tahun ajaran baru nanti bus sekolah sudah bisa beroperasi,’’ kata Astika.

BACA  Denbar Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS Lewat Bondres

Sebelumnya, Ketua DPC Organda Kota Denpasar, I Gede Semara, mengaku mengapresiasi rencana Pemkot membangkitkan kembali angkutan umum melalui pengadaan transportasi antar-jemput siswa. Hanya untuk armada, pihaknya cenderung agar memberdayakan angkot yang ada untuk menghemat biaya.

’’Sejak awal saya mengusulkan tahap awal memanfaatkan angkutan umum yang sudah ada. Alasannya, jeda waktu dari menjemput hingga mengantar cukup lama. Bila memanfaatkan angkutan umum yang sudah ada, maka para sopir bisa memanfaatkan masa jeda untuk beroperasi. Ini bisa dilakukan dengan sistem sewa,’’ kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Denpasar itu. (105)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>