Panas, Mediasi Gardu Listrik di Padangkerta

By on March 2, 2017
MEDIASI  MEMANAS- Ketua DPRD Nengah Sumardi memimpin mediasi pemasangan gardu PLN di Desa Adat Padangkerta yang berlangsung memanas, Rabu (1/3) kemarin.

Developer Janji Siapkan Tempat

 

Amlapura, DenPost

Ketegangan sempat mewarnai mediasi pemasangan gardu PLN di Desa Adat Padangkerta, Kelurahan Padangkerta, Karangasem, Rabu (1/3) kemarin. Gusti Oka Kasta yang mewakili desa adat sempat terlibat adu urat leher dengan IB Made Arnawa Putra dari pihak ‘’pemilik’’ gardu. Mediasi sengketa penempatan gardu tegangan tinggi itu menjadi ramai karena kedua pihak bersikeras mengaku di pihak yang benar.

Mediasi di lokasi gardu yang menjadi objek masalah merupakan tindaklanjut demo pecalang Padangkerta ke DPRD Karangasem, dua hari lalu. Mereka protes karena PLN memasang gardu di pelataran Pelingggih Padmasana yang menjadi emponan desa adat. Pelinggih tersebut merupakan Pelinggih Pengayengan Gunung Agung yang berada di pinggir jalan masuk ke proyek perumahan pemanfaat gardu.

Keberadaan gardu tak hanya dinilai mencemari kesucian pelinggih, tapi juga sangat menggangu utamanya ketika digelar piodalan. Itu karena pelataran pelinggih luasnya hanya 5 x 4 meter. Ketegangan terjadi karena semua pihak merasa berhak atas lahan pelinggih tersebut. Desa Adat mengklaim milik desa adat, di lain pihak ada warga mengklaim tanah pribadi yang hanya dipinjam pakai kepada desa adat. ‘’Milik orangtua kami, sekitar tahun 1970 dipinjampakaikan kepada desa adat,’’ kata I Gusti Nyoman Wirata, warga Padangkerta yang juga sebagai salah satu pemodal proyek perumahan.

Mediasi dipimpin Ketua DPRD I Nengah Sumardi, dihadiri sejumlah anggota di antaranya Gede Bendesa Muliawan (Ketua Komisi I), Kadek Sujanayasa (Ketua Komisi II), Nyoman Musna Antara (Ketua Komisi IV) dan Made Latra (anggota Komisi IV). Mediasi juga dihadiri perwakilan pengembang, unsur Desa Adat Padangkerta dipimpin Bendesa Adat Gusti Ngurah Putra dan unsur PLN.

Ketua Dewan Nengah Sumardi minta semua menahan emosi dan mengedepankan komunikasi untuk mencari solusi. Pihaknya minta Lurah Padangkerta Putu Agus Sumahendra dapat bertindak sebagai penengah, sehingga permasalahan tak berlarut-larut. ‘’Kami hanya memfasilitasi, jangan sampai jadi melebar dan merugikan semua pihak,’’ tegasnya.

BACA  Kejar-kejaran, Sedan Sport Masuk Sawah

Pihak developer akhirnya berjanji menyiapkan lahan baru. Rencananya gardu akan digeser ke seberang jalan memanfaatkan lahan rumah milik Gusti Nyoman Wirata, di barat Pelinggih Padmasana. Rencana memindah gardu ke lahan rumah makan milik salah satu pemodal proyek perumahan itu langsung direspons pihak PLN. ‘’PLN prinsipnya melayani masyarakat, bagus kalau memang bisa disiapkan lahan. Ini akan terus kita koordinasikan,’’ kata Kepala PLN Rayon Karangasem, Putu Surya Atmaja. (117)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>