Perbanas Optimis Kredit Tumbuh 20 Persen

By on March 1, 2017

Renon, DenPost

Perhimpunan bank-bank umum swasta nasional (Perbanas) Bali optimis pertumbuhan kredit tumbuh positif tahun ini pada kisaran 15-20 persen.

”Kami ditargetkan oleh perusahaan, kredit bisa tumbuh 30 persen tahun  2017 ini. Namun di lapangan kami lihat pertumbuhan kredit sekitar 15-20 persen. Target tahun 2016 kredit tumbuh 20 persen dan terealisasi hanya 15 persen,” kata Ketua Perbanas  Bali, Bambang Sugiartho, Selasa (28/2) kemarin.

Dia menjelaskan, pembiayaan tersebut masih di sektor perdagangan restoran dan hotel tahun 2016 posisinya 40 persen dari keseluruhan kredit yang disalurkan. Sektor yang mulai bergerak tahun ini adalah properti karena sebelumnya sempat stagnan. Selain itu, sektor yang  ngetren atau boming belakangan ini, yakni transportasi khususnya online. ”Usaha transportasi belakangan ini mulai boming, sehingga menjadi sasaran untuk pembiayaan perbankan ke depan. Baik pembiayaan daelernya, konsumen maupun usaha transportasi,” ujarnya sembari menerangkan, pihaknya telah menyalurkan CSR bantuan langsung kepada korban bencana tanah longsor di Desa Songan, Kintamani beberapa waktu lalu.

Sugiarto menerangkan, sektor apapun biasa dibiayai Perbarnas karena perkumpulan bank kecil hingga besar. Sektor yang difokuskan tidak bisa ditentukan dan Perbanas terdiri dari bank kecil hingga besar sehingga sektor  apapun biasa dibiayai.

Disinggung terkait NPL (Non Performing Loan) atau kredit bermasalah dana yang disalurkan anggotanya kepada dibitur, menurut Sugiarto, sama dengan yang lain. Ada tinggi dan ada yang rendah. Namun tahun ini, ia akan fokus bisa menekan tingkat NPL tersebut. ”Salah satu faktor penyebabnya adalah kondisi ekonomi tumbuh melambat,” jelasnya.

Dia menambahkan, di Bali tahun ini menjadi fokus utamanya, selain  tabungan atau dana pihak ketiga dan kredit. Di satu sisi tabungan tidak akan bisa tumbuh terlalu besar mengingat pelaku usaha di Bali kebanyakan bukan orang lokal yang bisa uangnya disimpan di luar. (126)

Komentar

Komentar

BACA  Suiasa Sidak ke Badan Pendapatan Badung

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>