Disoroti, Tingginya Golput pada Pilkada Buleleng

By on February 17, 2017
Disoroti, Tingginya Golput pada Pilkada Buleleng PASS Ajak Hormati Keputusan-2

PASS Ajak Hormati Keputusan

 

Singaraja, Denpost

Tingginya golput pada Pilkada Buleleng kali ini menandakan partisipasi pemilih tergolong rendah. Hal ini menjadi sorotan pasangan Dewa Sukrawan-Gede Dharma Wijaya (Surya). Sedangkan mengenai kekalahannya berdasarkan suara sementara, Sukrawan di poskonya Kamis (16/2) kemarin mengaku menerima secara legowo jika berasarkan aturan.

Sebaliknya ucapan selamat segera diberikannya kepada petahana, Putu Agus Suradnyana -Sutjidra (PASS). Sukrawan mengatakan, perhelatan pilkada dari tahap kampanye hingga pencoblosan berjalan kondusif, tanpa dinodai gejolak di masyarakat. Hal ini perlu diterapkan pada pilkada selanjutnya. D i balik itu, Sukrawan mengaku tidak puas. “Ada ketidakpuasan. Masyarakat yang memilih tidak banyak, hanya kisaran 55 persen. Kalau puas sekitar 80 persen,” tegasnya.

Menurut Sukrawan, penyelenggara pemilu perlu melakukan evaluasi guna menciptakan hal yang lebih baik dan berkualitas. “Tahun depan ada pilgub, selanjutnya ada pileg. Ini perlu disosialisasikan lebih gencar,” tegasnya.

Paket Gede Dharma Wijaya ini menerima kekalahan secara ksatria selama  tidak diwarnai intimidasi, tekanan maupun kecurangan. Dia juga siap mendukung program-program yang akan digulirkan pemerintah nanti. Sedangkan untuk langkah melakukan gugatan, Sukrawan masih menunggu penghitungan suara final. “Soal gugatan, kami belum tahu. Kalau menggugat kan harus ada data riil. Kalau semua sudah berjalan baik, ya saya dukung program pemerintah,” tuturnya.
Jika memang kekalahan itu tetap melekat, Sukrawan menegaskan, tetap berpolitik. Hal itu diisyaratkan dengan adanya keinginan berlabuh ke salah satu partai. “Entah saya kembali gabung dengan PDI-P, Gollkar, atau Demokrat, itu nanti. Yang jelas saya tetap terjun di politik,” ucapnya mantap.
Sukrawan juga akan bertemu dengan PASS untuk memberikan ucapan selamat. “Janji-janji yang dilontarkan kepada masyarakat diharapkan terealiasi. Program yang disampaikan kan itu janji, dan harus diterapkan,” tandasnya.

BACA  Warga Membeludak, Layanan E-KTP Tetap Buka Sabtu - Minggu

Disoroti, Tingginya Golput pada Pilkada Buleleng PASS Ajak Hormati Keputusan-1

Rendahnya partisipasi pemilih dalam Pilkada Buleleng, juga disoroti Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster. Politisi PDI Perjuangan asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini, mengatakan, partisipasi pemilih dalam pilkada serentak di Buleleng yakni 53,95 %. Jumlah ini jika dibandingkan dengan hajatan pemilu sebelumnya tergolong rendah.

Secara tanggungjawab, persoalan ini murni menjadi kewenangan KPU Buleleng untuk melakukan evaluasi dan menelisik penyebab sangat redahnya partisipasi pemilih dalam pencoblosan. Meski demikian, Koster tak memungkiri kalau rendahnya partisipasi pemilih ini terjadi karena beberapa permasalahan teknis mulai dari data kependudukan hingga dampak bencana alam di beberapa desa di Buleleng. Akibatnya, warga kurang antusias menyalurkan hak pilihnya dalam menentukan pemimpin.

Calon Bupati Putu Agus Suradnyana (PAS) mengatakan, target perolehan suara dalam pilkada ini turun sekitar 1,84 persen dari target mengumpulkan suara 70 persen. Jika dibandingkan dengan hasil survei yang dilakukan, baik internal PDI Perjuangan maupun dua lembaga lain, target suara yang berhasil dikumpulkan PASS sebanyak 68,16 persen itu sudah mendekati hasil realistis.

Meski demikian, pihaknya tidak ingin masalah raihan suara yang meleset dari target ini dijadikan perdebatan panjang. Untuk itu semua pihak, baik inetrnal PDI Perjuangan, partai pengusung, partai pendukung, maupun masyarakat yang memberikan kepercayaan, supaya melupakan pilkada dan mulai mengisi pembangunan demi kepentingan masyarakat Buleleng.

Bahkan, PASS mengajak pasangan calon lawan politiknya menghormati keputusan masyarakat, sehingga kondisi daerah kembali normal dan tidak lagi diwarnai suasana ketegangan seperti pada tahapan pilkada. (118)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>