Penghitungan Suara di PPK Rawan Konflik

By on February 15, 2017
Luh Riniti Rahayu

Renon, DenPost

Pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Kabupaten Buleleng di TPS sudah dilaksanakan Rabu (15/2). Berikutnya akan dilaksanakan penghitungan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Tahapan ini dinilai rawan kesalahan hitung dan rawan konflik. Hal itu diingatkan pengamat politik dari Universitas Ngurah Rai, Dr. Luh Riniti Rahayu.“Penghitungan suara di tingkat PPK akan rawan kesalahan hitung dan rawan konflik, karena masing-masing timses pasti menginginkan calonnya menang. Kemungkinan mereka memakai berbagai cara yang dapat menimbulkan konflik. Penyelenggara baik jajaran KPU dan jajaran panwas harus bekerja profesional, sepenuh waktu dan kuat mental untuk kebal godaan,” kata Riniti.

Ketua LSM Perempuan Bali Sruti ini juga menilai pilkada sekarang berbeda dengan sebelumnya. “Sekarang setiap TPS ada PPL. Jadi, pengawasan benar-benar harus intensif. Meski demikian, apabila ternyata ada kecurangan dan pengaduan, pengawas harus sigap merespons dan menindaklanjuti. Pengawas harus berani bertindak dan tidak hanya sekadar mengawasi,” tandasnya. (106)

Komentar

Komentar

BACA  Di Tiga Kabupaten, BBPOM Belum Temukan Vaksin Palsu

About Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>