Pengguna Narkoba Didominasi Pekerja Galian C

By on February 15, 2017

Amlapura, DenPost

Potensi galian C Karangasem yang begitu besar tak hanya andil dalam peningkatan taraf hidup masyarakat, tapi juga banyak membawa dampak negatif. Dalam hal penyalahgunaan narkoba misalnya. Data dari Poliklinik Psikiatri dan Adiksi RSUD Karangasem menunjukkan, pekerja di sektor pertambangan tersebut sangat rentan menjadi pengguna narkoba.

Kepala Poliklinik Psikiatri dan Adiksi RSUD Karangasem dr. Wayan Wiradana, Sp.KJ., Selasa (14/2) kemarin, mengakui pengguna narkoba yang datang melakukan konseling di Poliklinik RSUD Karangasem didominasi kelompok pekerja kasar mulai dari pekerja galian C hingga buruh bangunan. Pekerja galian C menempati peringkat pertama disusul kelompok sopir truk.  ‘’Ada juga yang petani biasa,’’ katanya.

Sayangnya dr. Wiradana enggan membeber data secara rinci. Pihaknya hanya mengatakan, bahwa klinik yang dipimpinnya nyaris tidak pernah sepi pasien. Tahun 2017 ada sekitar 13 pengguna narkoba yang melakukan konseling, dan awal tahun 2017 ini sudah lima pasien. Para pengguna yang secara sadar ingin berhenti mengkonsumsi narkoba akan mejalani program ‘’rehab” minimal selama delapan minggu atau delapan kali pertemuan.

Pasien Poliklinik Psikiatri dan Adiksi umumnya berasal dari kelompok pengguna pemula. Menurut dr. Wiradana, pasien yang mengikuti program konseling, mengaku mengkonsumsi narkoba lebih karena faktor keadaan. Pasein konseling umumnya mengaku kenal narkoba dari kegiatan rekreasional alias ketika hadir dalam sebuah acara pesta. Ada juga yang mengaku karena ajakan teman, ada pula yang karena pengaruh majikan. ‘’Dapat gratis ya dicoba,’’ terangnya.

Pria yang juga duduk di Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Karangasem ini, mengaku lega karena cukup banyak pengguna narkoba yang punya inisiatif berhenti mengkonsumsi narkoba. Namun di sisi lain, dia prihatin karena narkoba sudah merambah ke kalangan masyarakat bawah. Karenanya bagi keluarga yang punya anggota keluarga pengguna narkoba,  disilahkan datang melakukan konseling gratis ke Poliklinik Psikiatri dan Adiksi RSUD Karangasem. (117)

Komentar

Komentar

BACA  KPU Resmikan Kemenangan Masdipa

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>