Kerahkan Lima Tangki

By on February 11, 2017
DISTRIBUSI AIR - PDAM Kota Denpasar saat memberikan pelayanan penyaluran air bersih kepada pelanggan di Jalan Gunung Abang, Gang IV, Monang-maning, Denpasar Barat, Kamis (9/2) lalu.

PDAM Dinilai Setengah Hati Beri Pelayanan

 

Denpasar, DenPost

Pelanggan PDAM Denpasar yang mulai kelimpungan menilai upaya perusahaan daerah yang mengelola air itu setengah hati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, PDAM hanya mengerahkan lima mobil tangki untuk penyaluran air bersih ke pemukiman warga. Penilaian pelanggan itu beralasan, karena lima mobil tangki itu tentu tak mampu memberikan pelayanan air bersih kepada puluhan ribu pelanggan se-wilayah Denpasar.

Sempat air PDAM mengalir kecrat-kecrit dengan warna cokelat pada Kamis (9/2) pagi kemarin, namun beberapa jam kemudian air ini tak lagi hidup alias mati hingga Jumat (10/2) malam kemarin. Akibatnya, warga kembali kelimpungan mencari air. Sayangnya, PDAM Kota Denpasar yang menjanjikan akan memberikan pelayanan air melalui mobil tangki ternyata tidak mampu menjangkau seluruh wilayah di Denpasar.

Seorang warga Jl. Kenyeri mengaku terpaksa membeli air isi ulang untuk keperluan sehari-hari. ’’Nyuci ditunda. Beli air isi ulang hanya untuk mandi, masak dan minum. Mandi sekadarnya,’’ kata warga tersebut seraya mengaku tidak ada bantuan air dari PDAM.

Pantauan di lapangan, PDAM Kota Denpasar terlihat memberikan pelayanan air bersih dengan menggunakan mobil tangki di sejumlah wilayah di Denpasar. Salah satunya di Jalan Gunung Abang, Monang Maning Denpasar. Warga langsung berebut air bersih menggunakan ember, galon, jeriken untuk mendapatkan air bersih. Warga pun terpaksa antre untuk mendapatkan air bersih ini. ’’Sudah dari kemarin air mati, tetapi baru sekarang dapat air dari mobil tangki. Ini pun terpaksa antre, kalau tidak begitu tidak bisa mandi,’’ ujar salah satu warga, Made Adi.

Selain di Jalan Gunung Abang, PDAM Kota Denpasar juga memberikan pelayanan di Jalan Sari Gading, Jalan Noja, Gandapura, Trijata, Jalan WR Supratman, dan sejumlah wilayah lainnya di Denpasar. Sama halnya dengan di Jalan Gunung Abang, warga di sejumlah wilayah ini juga terpaksa antre untuk  mendapatkan air bersih tersebut dengan menggunakan galon, ember dan peralatan rumah tangga lainnya. Petugas PDAM Kota Denpasar yang mendistribusikan air ini pun tampak kewalahan melayani permintaan warga.

BACA  Tanpa IMB, Proyek Pengembangan RS Mata Jalan Terus

Sementara itu, di sejumlah wilayah lainnya di Denpasar ternyata pelanggan tidak kebagian air bersih. Parahnya, warga pelanggan PDAM mengaku tidak mendapatkan kepastian pelayanan dari PDAM karena saat dihubungi ke nomor pelayanan PDAM, ternyata nomor yang dihubungi sibuk. ’’Katanya saat air mati PDAM akan memberikan pelayanan air bersih dengan mobil tangki. Tapi di wilayah kami sama sekali tidak ada,” keluh salah satu warga di Kesiman, Ngurah Agung.

Pihaknya juga mengaku kesal lantaran PDAM  tidak sigap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ketika air baku keruh. Pasalnya, kejadian seperti ini berulang-ulang, sementara tidak ada solusi dari PDAM. ’’Masa ketika air mati hanya disediakan lima mobil tangki. Pelanggan PDAM kan ribuan, lalu kapan dapat airnya. Kok memberi pelayanan setangah hati begitu,’’ keluhnya.

Hal senada disampaikan warga lainnya, Ari Kamajaya, yang mengaku kecewa. Pasalnya, PDAM tidak tanggap terhadap permintaan pelanggan. Menurut dia, seharusnya tanpa dihubungi PDAM sudah mengetahui daerah mana saja yang harus mendapatkan pelayanan air bersih. ’’Saya kecewa dengan PDAM, seharusnya tanpa dihubungi mereka sudah tahu di mana saja aliran air yang mati. Haruskah kita menghubungi mereka baru membawakan air? Mengapa mereka tidak inisiatif, padahal kita sudah bayar. Parahnya, dari ribuan pelanggan masak hanya lima tangki? ini tandanya PDAM tidak sigap,’’ ujarnya.

Sementara dimintai konfirmasi terpisah, Dirut PDAM Kota Denpasar, IB Arsana, mengatakan sudah mengerahkan lima mobil tangki air untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mobil tangki itu bekerjasama dengan BPBD serta PMI. Namun dia mengakui bahwa lima mobil tangki tersebut tentu tidak mampu untuk menjangkau seluruh pelanggan PDAM Kota Denpasar. ’’Kami sudah memberikan pelayanan mobil tangki untuk distribusi air ke rumah-rumah warga. Kami sediakan lima mobil tangki. Tim sudah menyebar ke seluruh wilayah di Denpasar,’’ ucapnya seraya menyebutkan pelayanan tersebut diberikan berdasarkan permintaan warga dengan prioritas ke tempat-tempat perumahan warga yang padat penduduk dan banyak pelanggan PDAM Kota Denpasar. (112)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>