Tiga Anggota Satpol PP Terjaring OTT Saber Pungli

By on February 10, 2017
TUNJUKKAN BB - Tim Satgas Saber pungli menunjukkan barang bukti (BB) uang yang diamankan dari tiga anggota Satpol PP Jembrana yang terjaring OTT. Foto kanan: Pos KTP Pelabuhan Gilimanuk yang sering dijadikan tempat pungli bagi oknum petugas di Gilimanuk.

Negara, DenPost
Baru sebulan dikukuhkan Bupati Jembrana Putu Artha, Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) pada Rabu (8/2) lalu ketemu sasaran. Mereka menangkap tiga anggota Satpol PP Jembrana di Pos KTP Pelabuhan Gilimanuk. Ketiganya berinisial Nyoman PA (44), Kade MAJ (33) dan Kadek SAP (45). Setelah ditangkap, mereka digiring ke Polres Jembrana guna diperiksa secara tertutup.

Aksi pungli ini dilakukan ketiganya di pos pemeriksaan KTP Pelabuhan Gilimanuk. Dari tangan ketiganya, Tim Saber Pungli mengamankan barang bukti (BB) berupa uang tunai total Rp 355 ribu. Dari tangan Nyoman PA, yang berstatus PNS asal Baler Bale Agung, Negara, disita  Rp 318 ribu, Kade MAJ (33), berstatus honorer, asal Banjar Munduk Ranti, Tukadaya, Melaya, dengan BBi Rp 17 ribu, dan Kadek SAP (45), berstatus honorer, asal Banjar Melaya Krajan, Melaya, dengan BB Rp 20 ribu.

Ketiga anggota Satpol PP ini memungut uang tak sah dari sopir yang datang ke Bali tanpa KTP. Mereka mencoba meloloskannya dengan minta imbalan sejumlah uang. Ketua Pokja Penindakan Satgas Saber Pungli Kabupaten Jembrana yang juga Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Yusak Agustinus Soaai, Kamis (9/2) kemarin mengatakan ketiga anggota Satpol PP Jembrana tersebut ditangkap berdasarkan informasi masyarakat.

Tim Saber Pungli Jembrana yang dipimpin Kanit 1 dan II Reskrim Polres Jembrana beserta anggotanya lalu melaksanakan memeriksa ketiga Satpol PP itu.  Ketiganya kedapatan  memungut/minta uang setoran dari para sopir yang tidak membawa identitas diri.

“Menurut saksi, dia membenarkan telah memberikan uang kepada oknum Satpol PP yang bertugas di Pos KTP itu untuk membeli kopi,” jelas AKP Yusak.  Sedangkan Ketua Pokja Yustisi Satgas Saber Pungli Jembrana yang juga Kasi Pidum Kejari Jembrana Putu Agus Eka Sabana mengatakan bahwa pihaknya akan melihat hasil penyelidikan dan penyidikan. “Apakah hanya oknum itu saja yang melakukan pungli, atau ada dugaan keterlibatan oknum lain,” jelasnya.

BACA  Aparat Diminta Proaktif Data Warga Miskin

Di sisi lain Bupati Jembrana Putu Artha didampingi Pj.Inspektur pada Inspektorat Jembrana Wayan Koriani di sela-sela peringatan Hari Pers Nasional 2017 bersama para wartawan di Jembrana mengatakan ketiga anggota Satpol PP Jembrana yang terlibat pungli itu akan diproses.  Namun pihaknya minta Inspektorat supaya berkoordinasi dulu dengan Wakapolres Jembrana. “Namun perlu juga dicek apakah yang memberikan uang itu ikhlas atau bagaimana? Hal ini serba dilema jika sopir melempar uang. Tapi siapa pun, jika terbukti bersalah, kami siap menyerahkan kepada pihak berwajib,” tegasnya.

Bupati Artha selama ini mengingatkan seluruh pegawai agar memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Selain itu, sudah ada penandatanganan fakta integritas. Sejak terbentuknya Tim Saber Pungli, pihaknya juga sudah menyampaikan bahwa pelaksanaan ini untuk menyapu bersih pejabat-pejabat yang korupsi. Masyarakat mengiginkan para pejabat agar bersih dari pungli serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Unit Satgas Saber Pungli ini sebagai kontrol dan transparansi kinerja bagi pejabat, serta mampu menjadi jembatan masyarakat terhadap berbagai keluhan. Tim Saber Pungli  diharapkan memberikan pemahaman sebagai pelayanan kepada masyarakat.

Tim ini juga diharapkan memberikan warning kepada aparatur pemerintahan agar bekerja hati-hati dan memberikan pelayanan yang baik serta maksimal. Pihaknya juga berharap agar tim bekerja tidak ewuh pakewuh. “Jika ada yang melakukan pelanggaran, silakan ditindak/diproses dan tidak pandang bulu. Jika tidak ada, ya jangan dicari-cari kesalahan, sehingga tidak malah menimbulkan keresahan,” tandas Arta. (120)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>