Gandeng Yayasan Markandeya, Pemkot Gelar Bali Yoga Festival

By on January 14, 2017
BALI YOGA FESTIVAL - Suasana masyarakat yang mengikuti Bali Yoga Festival di Lapangan Lumintang, Denpasar, Jumat (13/1) kemarin.

Lumintang, DenPost

Dalam rangka menyambut HUT ke-229 Kota Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar bersinergi dengan Yayasan Markandeya Yoga Indonesia menggelar Bali Yoga Festival 2017 di Lapangan Lumintang, Jumat (13/1) kemarin. Festival dibuka Walikota Denpasar, IB Rai Dharamwijaya Mantra, ditandai dengan pemukulan gong sekaligus juga memberikan bingkisan kepada anak-anak TK peserta yoga.

Rai Mantra mengatakan yoga sekarang ini harus dipandang secara luas dan tidak sempit. Kata yoga, kata dia, berasal dari kata Yo yang berarti penyatuan, di mana pikiran, jiwa dan fisik yang harus diseimbangkan. Karena itu, yoga akan memberikan kesehatan jasmani serta rohani, yang disebut revolusi mental.

’’Kalau yoga ini bisa dilakukan dengan baik secara umum kepada masyarakat dan dapat dipahami secara baik oleh masyarakat, serta dimengerti secara baik oleh masyarakat terutama orangtua, saya yakin Denpasar ini akan menjadi daerah yang paling maju,’’ kata Rai Mantra.

Saat ini, dari TK sudah mulai diajarkan gerakan yoga secara kreatif dengan bimbingan para guru yoga supaya anak-anak TK bisa melakukan gerakan yoga dengan senang dan secara bermain serta anak-anak ini bisa paham gerakan-gerakan tersebut. ’’Kalau masyarakat ingin sehat jasmani dan rohani just do it yoga, tidak ada cara lain selain yoga. Saya ingin bercita-cita nantinya Kota Denpasar ini menjadi Kota Yoga. Karena dengan yoga akan bisa menghasilkan manusia-manusia yang berkualitas, jujur, memiliki moralitas baik serta etika yang baik, karena ini merupakan suatu modal dalam memajukan suatu daerah,’’ katanya.

Sementara Ketua Yayasan Markandeya Yoga Indonesia, Dian Martika, menyatakan Bali Yoga Festival 2017 merupakan yang pertama kalinya diadakan di Bali dengan mengangkat tema Sehatkan Umat, Damaikan Dunia. Festival Yoga ini akan diadakan selama tiga hari, yakni 13 s.d. 15 Januari 2017. Dengan menampilkan instruktur  yoga dari beberapa daerah di Indonesia, yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Lombok/NTB, Bali serta guru yoga dari India. Kegiatan ini diikuti kepala dan guru TK se-Bali, kepala sekolah dan guru SD dan SMP se-Kota Denpasar dan 4.000 masyarakat umum.

BACA  Rumah Matahari Diresmikan di Biaung

Hadir juga Sekda Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara; Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, AA Asmara Jaya;  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Selly Mantra, perwakilan bupati se-Bali, Ketua Yayasan Markandeya Yoga Indonesia, IGAN Dian Martika dan artis kenamaan Indonesia, Anjasmara, beserta beberapa guru yoga se-Indonesia. (112)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>