Penggunaan KIS Banyak Bermasalah

By on January 5, 2017

DPRD Provinsi dan Gianyar Sidak Puskesmas

 

Gianyar, DenPost

Di Kabupaten Gianyar ada 48.546 orang yang mendapatkan kesempatan memperoleh KIS (Kartu Indonesia Sehat) daerah. Akan tetapi, dari data itu baru 22.007 orang yang sudah bisa memanfaatkannya, sedangkan sisanya 26.550 orang miskin kehilangan kesempatan mendapatkan pelayanan KIS Penerima Biaya Iuran (PBI). Mereka pun tidak bisa masuk dalam pelayanan kesehatan.

Atas kondisi itu, Ketua Komisi IV DPRD Bali, Nyoman Parta bersama Ketua Komisi IV DPRD Gianyar, Putu Febrianta dan sejumlah anggota DPRD Gianyar sidak ke Puskesmas Sukawati I, Rabu (4/1) kemarin. Parta usai sidak mengatakan pasien banyak yang ditolak pihak puskemas. Pasien yang ditolak ini selama ini menggunakan JKBM (Jaminan Kesehatan Bali Mandara – red). Mereka yang membawa KIS ternyata tidak diterima. Dia mencontohkan ada pasien karena mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal yang dulunya menggunakan JKBM tidak di tanggung KIS daerah karena namannya tidak masuk data BPJS.

Menurut Parta, semestinya pasien yang dulunya merupakan pasien JKBM seharusnya secara otomatis langsung menjadi pasien KIS PBI.
Yang disayangkan oleh dewan, adalah langkah lamban yang diambil oleh pihak eksekutif dan masih banyak yang tercecer dan semestinya seluruh penerima JKBM adalah penerima KIS daerah.

Parta mendesak supaya dinas dan pihak terkait dengan penyelenggaraan KIS PBI ini segera berbenah. Pria asal Sukawati itu memberikan solusi seperti Dinas Sosial, Dinasdukcapil dan kepala desa, lurah segera memverifikasi data yang bermasalah itu, kemudian memasukkan ke data BPJS.

Kepala Dinas Sosial Gianyar, I Made Watha, yang hadir dalam sidak DPRD tersebut mengakui adanya kesalahan data peserta KIS PBI. Menurut Watha, data terpadu datangnya dari kelian, kemudian masuk ke pusat yang diketuai oleh Wapres. Kalau di Gianyar diketuai oleh Wabup. Kemudian disampaikan ke daerah dan koordinasinya ke Dinas Sosial yang hanya melakukan verifikasi.

BACA  Ban Truk Meletus, Sopir Tewas

Mengenai adanya masyarakat yang masih tercecer dan belum bisa menikmati fasilitas KIS, dia menyarankan untuk melakukan pendataan dari awal lagi.
Berdasarkan data, di Kabupaten Gianyar terdapat 48.546 jiwa atau orang yang seharusnya mendapatkan kesempatan memporoleh KIS PBI. Tetapi, dari data itu baru 22.007 yang sudah bisa memanfaatkan, karena datanya sudah clear. Sisanya, 26.550 orang kehilangan kesempatan mendapatkan pelayanan KIS PBI daerah jika yang bersangkutan sakit. (116)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>