Bingung Paslon Tunggal KPU Bali Konsultasi

By on November 1, 2016

Renon, DenPost
KPU Provinsi Bali mengaku masih bingung bagaimana sosialisasi pasangan calon (paslon), jika hanya ada paslon tunggal. Karena itu, KPU Provinsi Bali akan segera berkonsultasi dengan KPU RI. Termasuk meminta petunjuk apakah partai-partai lain yang tidak mengusung paslon boleh melakukan kampanye agar masyarakat tidak memilih paslon yang ada. Hal itu dikatakan Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Senin (31/10).
Seperti diketahui, Pilkada Buleleng 2017 dipastikan hanya ada paslon tunggal, yakni paslon petahana, Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (PASS). PASS diusung oleh PDI Perjuangan dan NasDem. PASS nanti bakal melawan kotak kosong.
Raka Sandi mengaku masih ingung soal pemasangan alat peraga kampanye bagi pelaksanaan Pilkada yang berjalan dengan calon tunggal. Dalam UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, PKPU No. 43 Tahun 2016 dan No. 44 Tahun 2016, pembuatan dan pemasangan alat peraga kampanye difasilitasi oleh KPU.
“Pembuatan alat peraga telah diatur dalam UU, PKPU dan keputusan KPU No. 43 dan 44 Tahun 2016. Mengenai hal itu belum ada pengalaman kami di Bali,” katanya. Karena itu, menurutnya, KPU Provinsi Bali akan melakukan konsultasi ke KPU RI. Apalagi pilkada dengan calon tunggal baru terjadi sepanjang sejarah pilkada di Bali. “Nanti akan di dalami regulasinya dan jika perlu dikonsultasikan ke KPU RI,” ujarnya.
Raka Sandi menjelaskan bahwa pihaknya juga akan menanyakan kepada KPU RI soal format dan teknis sosialisasi dalam pilkada yang diikuti paslon tunggal. Hal ini bertujuan untuk lebih mempermudah kerja KPU Buleleng dalam menyukseskan jalannya Pilkada Buleleng 2017.
“Saat ini masih dalam proses, termasuk bagaimana format dan teknis sosialisasi surat suaranya. Jika sudah fix tentu KPU Buleleng akan segera melakukan sosialisasi,” jelasnya. (106)

BACA  Tiga Pasangan Calon Bupati Karangasem Penuhi Syarat

Komentar

Komentar

About Komang Sutrisna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>