Surya Menggugat, KPU Belum Siapkan Jawaban

By on October 28, 2016
Surya Menggugat,  KPU Belum  Siapkan Jawaban

Singaraja, Denpost
Permohonan penyelesaian sengketa Pemilihan Bupati (Pilbup) Buleleng yang disampaikan tim advokasi pasangan calon jalur perseorangan, Dewa Nyoman Sukrawan-Gede Dharma Wijaya (Surya), dilangsungkan Kamis (27/10) kemarin di ruang pertemuan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Buleleng. Musyawarah dipimpin Ketua Panwaslih Buleleng Ketut Ariyani, komisioner Panwaslih Buleleng Putu Sugi Ardana, dan mantan Ketua Bawaslu Bali Wayan Juana.

Tim advokasi Surya dipimpin Made Sukerana. Sedangkan termohon yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng dipimpin ketuanya, Gede Suardana.

Musyawarah perdana itu mengagendakan pembacaan gugatan pemohon. Dalam gugatannya, pemohon menyatakan keberatan dengan SK KPU Buleleng Nomor 123/Kpts/KPU-Kab-016.433727/TAHUN 2016 yang menetapkan soal sebaran dukungan calongan perseorangan, serta SK KPU Buleleng Nomor 125/Kpts/KPU-Kab-016.433727/TAHUN 2016 yang menetapkan bakal calon yang tak memenuhi syarat. Pemohon juga minta agar KPU Buleleng menunda tahapan pilbup hingga seluruh proses gugatan sengketa selesai.

Selain itu pemohon mengeluhkan kinerja KPU Buleleng saat melakukan verifikasi faktual tahap dua. Semestinya saat itu, penyelenggara pemilihan wajib melakukan verifikasi faktual dengan cara mendatangi orang-orang yang memberikan dukungan. Jika tidak berhasil ditemukan, barulah menjadi kewajiban tim penghubung untuk mendatangkan para pendukung. “Tahap dua ini beda. Kami diminta datangkan dulu. Kalau tidak datang, akhirnya tidak diverifikasi. Ini kan masalah. Kalau di sini ditolak, kami akan banding ke PTTUN saja. Kami juga sudah surati Komisi II DPR RI agar datang dan menyaksikan masalah ini,” ungkap Ketua Tim Advokasi Surya, Made Sukerana.

Sementara itu KPU Buleleng belum menyiapkan jawaban atas permohonan penyelesaian sengketa ini. Mereka minta waktu untuk menyusun jawaban dan berjanji menyampaikannya pada Jumat (28/10) ini. Gede juga menyatakan, tengah berkoordinasi dengan KPU Pusat serta KPU Bali, soal bantuan hukum yang akan disampaikan KPU Pusat. “Dalam proses awal ini, kami KPU Buleleng, sudah bekerja dengan azas profesional, mandiri, dan bertanggungjawab. Jadi kami memahami secara utuh langkah yang dilakukan  KPU dalam proses verifikasi faktual, yang sesuai dengan PKPU 9/2016,” tegas Gede Suardana.

BACA  Pengerukan ‘’Misterius’’ Jalan Terus

Musyawarah penyelesaian sengketa Kamis kemarin  berlangsung selama satu jam. Pimpinan Musyawarah Penyelesaian Sengketa Putu Sugi Ardana memutuskan menunda musyawarah dan pada Jumat  ini, dengan agenda jawaban termohon atas gugatan yang disampaikan pemohon. (118)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>