Bandara Seperti Pasar Loak

By on August 1, 2016
Bandara Seperti Pasar Loak

TERMINAL keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai dinilai seperti pasar loak. Suasananya hiruk-pikuk, karena alat pemeriksaan barang X-ray ditempatkan terlalu di luar, sehingga antrean penumpang membeludak.

Kondisi itu dikeluhkan sejumlah anggota DPRD Badung ketika akan berkunjung ke luar daerah Minggu (31/7) kemarin. ’’Suasananya seperti pasar loak, karena hiruk-pikuk penumpang yang akan berangkat ke luar daerah,’’ kata Ketua Komisi I, Wayan Suyasa.

Sekretaris DPD Golkar Badung itu menilai keberadaan pemeriksa barang X-ray memang sangat diperlukan dalam rangka antisipasi maupun mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. ’’Kami sangat apresiasi kebijakan pihak bandara menggunakan X-ray dalam pengecekan barang penumpang, namun posisinya harus strategis dan tdak menghambat,’’ kata Ketua Federasi Serikat Pekerja (FSP) Bali Kabupaten Badung tersebut.

Dikatakan, langkah pengamanan lewat pemeriksaan barang menggunakan X-ray mampu merekam barang-barang yang kemungkinan membahayakan yang dibawa penumpang. ’’Ini sangat tepat, apalagi Bali merupakan destinasi wisata internasional,’’ tegasnya.

Walau begitu, dia sangat menyayangkan kebedaraan X-ray terlalu di luar. Dengan demikian, penumpang sampai meluber ke jalan utama, mengantre menunggu pemeriksaan sehingga kelihatannya bak pasar loak.]

Kondisi itu, kata dia, sangat tidak elok dari sisi pemandangan dan kenyamanan penumpang. Kondisi ini sangat memalukan. ’’Jika ini tetap terjadi, Bandara Ngurah Rai tidak mencerminkan sebagai bandara internasional,’’ katanya.

Humas Capital Bandara Ngurah Rai, Yudi Novan, ketka dimintai konfirmasi menyatakan keberadaaan X-ray di luar sesuai dengan ketentuan terbaru Menteri Perhubungan. ’’Dulu cukup sekali pemeriksaan sesaat sebelum boarding,’’ katanya.

Sesuai SE Menhub, kata Yudi, pemeriksaan harus dilakukan dua kali. ’’Pemeriksaan tambahan juga dilakukan sebelum check-in dan X-ray-nya berada di luar dan ini semata-mata untuk alasan keamanan,’’ tegasnya. (edy)

Komentar

Komentar

BACA  Opini Bali Edisi 31 Desember 2015

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>