SMA PGRI 6 Denpasar Sekolah Plus Pariwisata

By on May 4, 2016
BERSAMA – Kepala SMA PGRI 6 Denpasar Nyoman Winata (paling kanan) foto bersama Made Suada, Nengah Madiadnyana, IGB Wiadnyana serta siswa kelas XII yang dilepas.

Lulusannya Diminta Kerja Dulu, Baru Kuliah

 

Denpasar, DenPost

Acara pelepasan siswa kelas XII SMA PGRI 6 Denpasar yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional berlangsung penuh dalam suasana keriaan juga sangat kental dengan keakraban Senin (2/5) lalu. Saat itu, Kepala SMA PGRI 6 Denpasar, Drs. Nyoman Winata, M.Hum., melepas 94 siswa kelas XII ditandai dengan penanggalan atribut siswa yang akan menamatkan pendidikan tahun ini.

Sekolah yang memiliki program plus pariwisata ini, kata Winata, pas melakukan pelepasan siswa di sebuah restoran di Sanur. Sambil belajar soal proses pengelolaan restoran, siswa juga banyak mendapat pengalaman bagaimana melayani wisatawan. Apalagi SMA PGRI 6 Denpasar telah memberikan kompetensi kepada anak didiknya dalam bidang jasa boga, akomodasi perhotelan dan multimedia.

Pada acara itu, Winata yang Ketua PGRI Kota Denpasar ini mengatakan SMA PGRI 6 Denpasar adalah yang pertama merintis sekolah umum dengan program keunggulan yakni program plus pariwisata. Kedua program ini untuk mencetak SDM Bali yang siap melanjutkan studi dan juga siap bekerja di lapangan.

Kedua kompetensi ini digabungkan dalam program bersinergis, sehingga anak-anak SMA PGRI 6 Denpasar tampil pede. Ketika mereka melanjutkan studi juga pede ketika memasuki lapangan pekerjaan. Namun jika siswa dihadapkan satu pilihan, dia menyarankan siswanya bekerja dulu baru melanjutkan studi.

Alasannya, menembus lapangan kerja saat ini sangat berat, bahkan dengan persaingan yang ketat. Karena itu, ketika mampu menembus dunia kerja, soal melanjutkan studi bisa dilakukan sambil bekerja. Ketika sudah mencapai sarjana, kata Winata, mereka akan mendapat promosi jabatan yang lebih tinggi.

Ketua YPLP PGRI Kota Denpasar, Drs. Nengah Madiadnyana, M.M., berharap bekal ilmu pariwisata, lulusan SMA PGRI 6 Denpasar memiliki nilai plus dibandingkan tamatan SMA umumnya. Kelebihan ini yang tak dimiliki tamatan SMA umum lainnya.

BACA  Minim, Minat Generasi Muda Tekuni Kerajinan Gerabah

Hal senada juga diungkapkan Pembina SMA PGRI 6 Denpasar, Drs. IGB Wiadnyana, M.M., M.Pd. Menurut dia, di era serba terbuka dan persaingan bebas saat ini, siswa harus dibekali pendidikan plus untuk bisa menjawab tantangan.

SMA PGRI 6 Denpasar tahun ini hanya menerima 200 siswa baru untuk lima kelas. Hal ini dibatasi sesuai dengan jumlah siswa yang menamatkan studi. Dengan demikian semua siswa kelas X bisa masuk pagi. Kedua, sekolah ini memberikan diskon 20 persen siswa asal PGRI di Bali. (a/123)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>