PHRI Minta Paket Nyepi Tak Dipakai Hura-hura

By on February 26, 2016
Tak Sesuai Aturan, Sekda Menolak

Denpasar, DenPost
Perhimpuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali minta paket Nyepi bagi hotel yang ada di Bali hendaknya tidak dipakai hura-hura.

Ketua PHRI Bali,  Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab disapa Cok Ace ini, Kamis (25/2) kemarin mengatakan, paket tersebut bisa saja ditawarkan asalkan tidak terlalu berlebihan.  “Kami sudah sering mengimbau kepada anggota agar tidak menjual paket Nyepi berlebihan. Artinya, tidak melakukan kegiatan di hotel yang bertentangan dengan Catur Brata Penyepian atau sifatnya hura-hura.  Jangan terlalu berlebihan menjual paket Nyepi tersebut,” kata Cok Ace.

Mantan Bupati Gianyar ini mengungkapkan, wisatawan yang disasar saat Nyepi sejatinya masyarakat non Hindu yang kebetulan ada di Bali. “Pantauan saya selama ini sasaran paket Nyepi adalah masyarakat non hindu yang kebetualan ada di Bali. Karena mereka kesulitan mendapatkan makanan, tidak mendapatkan penerangan dan lainnya,” ujar Cok Ace.

Dia berharap,  pelaku bisnis dan masyarakat non hindu saling menghormati serta menghargai perayaan hari raya Nyepi ini. Sebab, menjelang Nyepi beberapa hotel di Denpasar maupun Badung menawarkan promo paket. Promo tersebut dilakukan untuk menarik minat wisatawan maupun masyarakat yang tinggal di Bali menikmati Nyepi di hotel. “Kami mengharapkan pengelola hotel ikut menjaga kesucian perayaan hari raya Nyepi,’’ harapnya.

Sementara banyak hotel yang sudah menawarkan paket berlibur di hotel menjelang perayaan hari raya Nyepi. Seperti Best Western Resort, Kuta. Hotel tersebut menjual paket Nyepi tiga hari dua malam dari 8-10 Maret 2016 dengan harga Rp 1.288.000  untuk dua orang dewasa. Harga spesial saat perayaan Catur Brata Penyepian tersebut lebih murah 20 persen dibandingkan hari-hari biasa. “Paket Nyepi seperti ini ditawarkan tiap tahun. Harga spesial ini kami berikan untuk menarik minat wisatawsan, mengingat  antusias masyarakat luar Bali merayakan Nyepi di Pulau Dewata cukup bagus,” kata Sales Marketing Best Western Resort, Yuni Wiryanti sembari menambahkan, paket tersebut termasuk makan siang dan malam dan ada diskon spa 20 persen. Menurut Yuni, dari tahun ke tahun tingkat hunian hotel saat Nyepi mengalami peningkatan. Saat ini sudah ada sekitar 15 paket yang laku terjual.

BACA  SMA PGRI 6 Denpasar Sekolah Plus Pariwisata

Paket Nyepi juga ditawarkan Hotel Puri Dalem Denpasar. Paket mulai taggal 8-10 Maret tersebut dijual dengan harga Rp 1,4 juta untuk dua orang. “Harga tersebut sudah termasuk makan siang dan malam saat perayaan Nyepi,” ujar Marketing Hotel Puri Dalem, I Ketut Oka Sudarsana.

Dikatakan, paket spesial tersebut menyasar tamu non hindu yang kebetulan ada di Bali. “Saat Nyepi tidak boleh beraktivitas di luar, sehingga sebagian dari mereka yang non Hindu biasanya memilih hotel maupun vila untuk menginap,” katanya. Harga yang ditawarkan lebih murah dari hari biasa, Sudarsana mengaku, paket Nyepi tersebut tidak terlalu banyak diminati karena banyaknya persaingan. “Tidak terlalu banyak juga, paling 3-4  kamar saja yang laku,” ucapnya seraya menjelaskan, hingga saat ini belum ada pesanan paket tersebut.

Sementara itu, Hotel Nirmala Uluwatu menawarkan paket Nyepi dengan harga Rp 920.000 untuk dua orang termasuk  makan siang dan malam.  Dari hari biasa harga paket ini turun 50 persen. Karena hari biasa satu malam dijual Rp 470. 000 lebih. “Paket Nyepi ini kami jual jauh lebih murah dari hari biasanya,’’ kata Sales Marketing Hotel Nirmala,  Made Oka Susila. (126)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>