Lomba Tari Bali Anak Ke-13 Banjar Kayumas Kaja

By on December 28, 2015
TERBAIK - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Sri Purnawati Geriya, saat menyerahkan piala Tetap Walikota Denpasar kepada peraih juara terbaik Tari Bali Anak ke-13 Br. Kayumas Kaja, I Wayan Agus Heri Wahyudi, dalam katagori Tari Baris Tunggal di banjar setempat, Minggu (27/12) lalu.

Wayan Agus Heri Wahyudi Sabet Juara Terbaik

Dangin Puri, DenPost
Banjar Kayumas Kaja untuk ke 13 kalinya kembali menggelar lomba Tari Bali Anak-anak, dengan memperebutkan Piala Walikota Denpasar. Penyelenggaraan lomba Tari Bali Anak-anak (LTBA) ini diselenggarakan selama dua hari dimulai, 26 s.d. 27 Desember 2015 lalu. Kegiatan ini ditutup Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Sri Purnawati Geriya, sekaligus menyerahkan piala Tetap Walikota Denpasar kepada peraih juara terbaik Tari Bali Anak ke-13 Br. Kayumas Kaja, I Wayan Agus Heri Wahyudi, dalam katagori Tari Baris Tunggal di banjar setempat, Minggu (27/12) lalu.
Hadir pada kesempatan ini, Sekda Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara; Ketua DWP Kota Denpasar, Kerti Rai Iswara; Kadis Kebudayaan Kota Denpasar,  I Made Mudra; dan Camat Denpasar Timur, Dewa Made Puspawan.

Sekda , AA Ngurah Rai Iswara, mengatakan, sesuai visi Pemerintah Kota Denpasar yang berorientasi bersandar kepada kebudayaan, di mana salah satu unsur dari kebudayaan merupakan seni, dan bagian dari seni merupakan tarian. Diselenggarakannya lomba tari ini merupakan salah satu unsur pendukung dari kota yang berwawasan budaya. Pemerintah Kota Denpasar mengapresiasi Banjar Kayumas Kaja yang bukan kali ini saja mengadakan lomba seni, bahkan ini sudah dilaksanakan secara berkesinambungan.
Di mana hal ini merupakan yang luar biasa, karena dengan kesinambungan pembinaan maka apa yang diharapkan, baik secara teknis maupun moral nantinya di tingkat tataran seni itu bisa terwujud dengan sebaik-baiknya. Pemerintah Kota Denpasar akan mendukung terus kegiatan seperti ini dan mudah-mudahan ini terus berkesinambungan.

Ketua Panitia, Gede Eka Adnyana, menyatakan, lomba ini memang dilaksanakan secara rutin setiap akhir tahun, tepatnya Desember. Acara rutin yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2002 lalu hingga sekarang, sesuai dengan komitmen warga Banjar Kayumas Kaja, di samping untuk mengisi liburan akhir tahun. Lomba yang dilaksanakan itu, untuk melestarikan seni budaya khususnya di bidang tari, serta ikut mendukung Kota Denpasar sebagai kota yang berwawasan budaya. Diharapkan dalam lomba ini juga dapat memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan bagi anak-anak yang mempunyai bakat di bidang seni tari, supaya bisa terus mengembangkan bakatnya.

BACA  Brata Mahendra dan Rahma Putri Sandang Duta Endek 2015

Peserta kali ini diikuti 243 peserta dengan jenis tari yang dilombakan dibagi atas dua katagori, yakni usia 7-12 tahun, dan usia 13-15 tahun. Untuk usia 7-12 tahun, katagori putri bisa memilih tari Condong (Legong Keraton) atau tari Margapati. Sedangkan untuk putra bisa memilih Tari Baris Tunggal atau Kebyar Duduk, dan untuk usia 13-15 tahun putri membawakan Tari Trunajaya, serta putra tari Jauk Manis. (112/*)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>