Polisi Amankan Puluhan Anggota Ormas

By on December 19, 2015
Polisi Amankan Puluhan Anggota Ormas

Denpasar, DenPost
Pasca-bentrok dua ormas, Laskar Bali (LB) dan Baladika Bali (BB) di Jalan Teuku Umar, Denbar, tim gabungan Polda Bali, Polresta Denpasar, dan Polres Badung, segera menyisir markas kedua ormas tersebut. Puluhan anggota ormas bersenjata tajam akhirnya diamankan di Polres Badung dan Polresta Denpasar.

“Di Polres Badung diamankan sekitar sepuluh anggota ormas. Sedangkan di Polresta Denpasar sekitar 37 anggota ormas. Mereka merupakan dua kelompok ormas berbeda. Kami juga mengamankan puluhan senjata tajam,” kata Kapolda Bali Irjen Sugeng Priyono, Jumat (18/12) kemarin.

Dia menambahkan, usai bentrokan di Jalan Teuku Umar, Denbar, sekitar pukul 21.30, anggota Brimob Polda (Brimobda) Bali melakukan penggeledahan di rumah Penasihat LB, AA Suma Widana,  di wilayah Padangsambian, Denbar. Di lokasi tersebut diamankan 12 pedang, empat sangkur, kapak, besi, dua tombak dengan gagang besi, serta 63 miras impor.

Tidak hanya markas ormas LB, jajaran Polda Bali juga mengamankan sejumlah senjata tajam (sajam) dan anggota ormas di markas Baladika di Ubung Kaja. Dari puluhan ormas itu, delapan orang di antaranya diperiksa secara intensif lantaran terbukti membawa senjata tajam. “Kami mengamankan mereka dari rumah dan markas pentolan kedua ormas. Penanganannya dilaksanakan Polresta Denpasar dan Polres Badung,” tegas Kapolda.

Sementara itu pasca-keributan antarnapi di LP Kerobokan, jajaran Polda Bali kemudian menyisir setiap blok setempat Kamis (17/12) malam lalu. Hasilnya sungguh mengejutkan, ratusan berbagai jenis senjata tajam (sajam), airgun lengkap amunisinya, miras dan narkoba, ditemukan di dalam blok tahanan. Sedangkan napi di Blok D dan C1 yang terlibat bentrok telah dipindahkan ke lapas lainnya di Bali.

Kapolda Bali mengatakan, terkait rusuh di LP Kerobokan tersebut, polisi belum menetapkan tersangka. Polisi masih menyelidiki kasus tersebut. Namun sejumlah saksi yang kemungkinan menjadi tersangka telah diperiksa intensif. “Napi dari kedua blok yang bertikai telah menjalani pemeriksaan,” tegas Irjen Sugeng Priyono.
Pihaknya menjamin akan memproses kasus rusuh tersebut hingga tuntas. Tidak hanya pelaku penusukan di dalam lapas, pemilik sajam, airgun, miras, dan narkoba, akan diselidiki. “Barang bukti yang ditemukan di lokasi (lapas) telah kami amankan,” tambah Kapolda.

BACA  Kuota Gas Melon Dipangkas 25 Persen, Konsumsi Bright Gas Meningkat

Dengan ditemukannya ratusan sajam di LP Kerobokan mengundang keprihatinan Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama. Dia menyayangkan adanya sajam dan barang terlarang di dalam LP, pPadahal pengawasannya sangat ketat. “Saya heran mengapa barang seperti itu bisa masuk? Padahal pengunjung saja diperiksa dengan ketat. Kami sarankan agar petugas lapas memeriksa dengan cermat terkait ditemukannya senjata, miras, dan narkoba di LP Kerobokan,” tegas anggota DPRD Fraksi PDIP ini.

Berdasarkan keterangan saksi dan penyelidikan polisi, kronologi keributan antarnapi di dalam LP Kerobokan bermula ketika ketua blok D Putu Sumariana alis Putu Robot, menuju kantor depan bersama rekannya, Ketut Suartana, Wayan Doglet, Adi Wibawa, dan Putu Antara. Saat itu Putu Robot berjalan paling depan. Setibanya di bale bengong di samping tower, napi Blok C Ddi antaranya Tako, Janu, dan I Wayan Selamet, tengah berkumpul. “Putu Robot kemudian mengucapkan salam Om Swastiastu kepada I Wayan Selamet. Namun teman-teman I Wayan Selamet menghampiri Putu Robot, lalu mengeroyok dan memukul Putu Robot,” ujar petugas.

Kemudian ada saksi melihat I Wayan Selamet mengambil pisau dari pinggangnya, lalu menusuk perut Putu Robot hingga pria kekar ini terkapar. Lantaran kalah jumlah, Wayan Doglet dan yang lainnya berusaha menyelamatkan Putu Robot. Namun dari arah belakang, Wayan Doglet ditusuk oleh seorang pria dengan pisau stainless steel. Dengan punggung terluka, Wayan Doglet segera berlari ke Blok D. “I Wayan Selamet dan Wayan Doglet akhirnya meninggal dunia,” tandas petugas. (124)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>