Cuaca Tak Menentu, Berpotensi Terjangkit Berbagai Penyakit

By on December 12, 2015

Denpasar, DenPost
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali  mengimbau masyarakat, tetap mewaspadai berjangkitnya berbagai penyakit yang akan timbul seiring mulai terjadinya cuaca tidak menentu seperti sekarang ini.
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Gede Wira Sunetra menerangkan,  musim seperti sekarang ini masyarakat harus mewaspadai berbagai penyakit yang bisa timbul. Diantaranya, demam berdarah, diare, typus, flu serta cikungunya.  “Masyarakat sebisa mungkin harus waspada terhadap penyakit-penyakit tersebut, agar tidak terjangkit,” jelasnya.

Dengan cuaca yang tidak menentu ini, kata diamembuat daya tahan tubuh sulit untuk  beradaptasi sehingga virus secara cepat dapat menyerang tubuh. Untuk itu, masyarakat diharapkan tetap meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mencuci tangan menggunakan sabun air mengalir.   Selain itu melakukan akivitas fisik seperti olahraga secara rutin.

Tidak hanya itu, guna menghindari timbulnya berbagai penyakit tersebut, masyarakat juga harus menjaga kondisi kesehatan masing-masing dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, enyahkan asap rokok, serta kendalikan stress. “Mengendalikan stress bisa dilakukan dengan  menyalurkan hoby,” katanya.

Wira menambahkan, penyakit-penyakit tersebut sejatinya bisa berkembang di mana saja, baik perkotaan maupun pedesaan. Sehingga PHBS harus terus ditingkatakan. “Seperti misalnya DBD, penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Akan tetapi, masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk dengan kondisi lingkungan yang kurang bersih harus lebih waspada,” tegasnya. (126)

Komentar

Komentar

BACA  Pembelian BBM Pakai Drum di SPBU Renon Bikin Kesal

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>