Sosialisasi Pengawasan Pilkada Partisipatif

By on November 12, 2015
SOSIALISASI – Penjabat Bupati Badung, Nyoman Harry Yudha Saka, saat menghadiri Sosialisasi Pengawasan Pilkada Partisipatif di Kabupaten Badung, Rabu (11/11)

Bawaslu Bali Apresiasi Dukungan Pemkab Badung

Magupura, DenPost
Guna memaksimalkan pengawasan serta upaya pencegahan dini pelanggaran serta keterbukaan informasi publik mengenai Pilkada 2015, Bawaslu Provinsi Bali, Rabu (11/11), menggelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada Partisipatif di Kabupaten Badung. Acara tersebut dihadiri Penjabat Bupati Badung, I Nyoman Harry Yudha Saka; Wakil Ketua DPRD Badung, I Made Sunartha; Pimpinan Baswaslu Provinsi Bali, I Ketut Sunadra; Ketua Panwaslih Kabupaten Badung, I Ketut Arka serta para pejabat terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Pimpinan Baswaslu Bali, I Ketut Sunadra, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi dukungan serta fasilitas penuh yang diberikan Pemkab Badung dalam mewujudkan pemilukada berintegritas. Dikatakannya, selain memberikan dukungan dana, Pemkab Badung juga memberikan dukungan fasilitas baik sarana prasarana serta pemanfaatan fasilitas pemerintah.

Sementara itu, Penjabat Bupati Badung, I Nyoman Harry Yudha Saka, mengatakan, Pemkab Badung berkomitmen agar Pilkada 2015 ini berlangsung tertib, aman, lancar dan demokratis. Dikatakannya, sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memaksimalkan pengawasan, upaya cegah dini pelanggaran serta keterbukaan informasi publik khususnya mengenai Pilkada tahun 2015 di Provinsi Bali. “Sosialisasi ini sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan demokratis,” terangnya.

Ditambahkan Yudha Saka, sudah menjadi kewajiban semua warga negara untuk mendukung pelaksanaan pilkada. “Sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 131 UU No. 8 tahun 2015, guna mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilu dapat melibatkan partisipasi masyarakat, salah satunya adalah dilakukan dalam bentuk pengawasan dalam setiap tahap pemilihan,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Yudha Saka, peran serta masyarakat dalam mengawasi pilkada menjadi bagian penting dari pelaksanaan demokrasi. Karenanya dia memandang sosialisasi ini sangat tepat. “Kami harapkan partisipasi seluruh komponen masyarakat untuk membantu mengetoktularkan sosialisasi dan tata cara pemilihan kepada seluruh masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak suara pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2015,” imbaunya.

BACA  Kisruh Hibah Tirta Yatra ke India

Ketua Panwaslih Badung, I Ketut Arka, mengatakan, Sosialisasi ini menghadirkan masyarakat Badung. Diharapkannya, masyarakat nantinya bisa memberikan motivasi dan dukungan dengan ikut mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Badung. “Kami juga akan menghadirkan beberapa masyarakat yang tegabung dalam banwaslu dan kami akan mengukuhkan dan melantik pengawas PNS secara keseluruhan dan besama- sama  pada Senin, 16 November . Hal ini sebagai upaya mewujudkan pilkada berkualitas,” katanya.  (115/*)

Komentar

Komentar

About denpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>