Tekan DBD, Dinaskanlut Tebar 6.000 Benih Ikan Nila di Panjer

By on February 9, 2015
TEBAR IKAN - Disnakanlut Kota Denpasar menebar 6.000 benih ikan nila di lingkungan Maniksaja, Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, belum lama ini.

Panjer, DenPost
Mengantisipasi berjangkitnya Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Denpasar pada saat musim penghujan ini, telah dilakukan berbagai langkah antisipasi oleh Pemkot Denpasar, sehingga tidak memasuki siklus Kejadian Luar Biasa (KLB). Antisipasi ini dilakukan Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan (Dinaskanlut) Kota Denpasar, belum lama ini, dengan menebar 6.000 benih ikan nila yang menyasar lingkungan Maniksaja, Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan.
Penebaran benih ikan ini dikoordinir Kepala Dinaskanlut Kota Denpasar Ir. AA Gede Bayu Brahmasta, di tempat perairan yang tergenang sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk poleng. “Kami melakukan kegiatan ini untuk mengantisipasi perkembangan jentik nyamuk demam berdarah di Kota Denpasar,” kata Bayu Brahmasta.

Ditambahkan Bayu Brahmasta, 6.000 bibit ikan nila ini telah dipersiapkan Unit Pelayanan Terpadu Balai Benih Ikan (UPT BBI) di bawah naungan Dinaskanlut Kota Denpasar dengan menyasar lingkungan Maniksaja Panjer. Di samping telah dilakukannya gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dalam mengantisipasi DBD ini, juga dilakukan dengan penebaran benih ikan nila yang mampu menekan perkembangbiakan nyamuk aides aigepty. Karena tempat-tempat yang tergenang air tentunya menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak, yang nantinya dapat menimbulkan berjangkitnya penyakit DBD. Sehingga penebaran benih ikan ini sebagai salah satu langkah dalam menekan DBD, sebagai siklus tahunan  saat musim penghujan tiba.

Penebaran benih ikan ini nantinya akan dilanjutkan ke rumah-rumah warga, yang melibatkan juru pemantau jentik (jumantik) yang ada di masing-masing desa. Kerjasama dengan para jumantik ini yang akan dibekali dengan satu paket benih ikan, yang nantinya dapat ditebar di rumah-rumah warga . Penebaran ini dilakukan di pot-pot bunga yang menampung air seperti tanaman tunjung, serta tempat-tempat yang dapat menampung air. “Kami akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan langkah-langkah menekan DBD dengan penebaran benih yang melibatkan jumantik,” ucapnya. (112)

Komentar

Komentar

BACA  Denpasar Juara Umum UDG Provinsi

About freshcms

One Comment

  1. dewi agung

    February 24, 2017 at 1:38 PM

    Mohon dibantu untuk mendapatkan b ibit ikan nila….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>