Perupa Korea Pameran Tunggal di Tonyraka Art Gallery

By on January 12, 2015
PAMERAN TUNGGAL-Salah satu karya perupa Korea, Jung Yong Sung, yang akan dipamerkan di Tonyraka Art Gallery, Desa Mas, Ubud, Gianyar. Inzert: Jung Yong Sung

Ubud, DenPost
Tonyraka Art Gallery, yang berlokasi di  Desa Mas, Ubud, Gianyar  akan mengawali kiprahnya di  tahun 2015 dengan memamerkan 16 lukisan terbaru karya perupa Korea Selatan, Jung Yong Sung.

Karya lukis Yong Sung digarap dengan teknik yang unik. Mula-mula Yong Sung menempelkan kertas pada kanvas, kemudian melukis pada kertas itu dengan menggunakan tinta Cina. Setelah itu Yong Sung menggoresi kertas lukis tersebut hingga lecet-lecet seperti luka parut. Lukisannya mengetengahkan figur yang sendirian dalam berbagai gestur dan ekspresi, menggemakan situasi eksistensial manusia di tengah keterasingan dan kesunyian. “Entah kenapa, saya tertarik pada orang-orang yang menjalani kehidupan yang keras. Mereka miskin dan tidak berpendidikan, tapi menjalani hidup dengan lebih bersemangat daripada orang-orang lain. Maka untuk melukiskan mereka, kanvas saya harus penuh semangat hidup seperti tanah dan juga kasar dan keras seperti batu basal,” kata Yong Sung mengenai karyanya.

Perupa Korea Pameran Tunggal di Tonyraka Art Gallery-1

Jung Yong Sung lahir pada tahun 1968 di Pulau Jeju, Korea. Sejak mahasiswa, ia tertarik pada peran sosial seni. Setelah tamat dari perguruan tinggi, ia bergabung dengan kelompok seni rupa Tamra yang menekankan keterlibatan dan tanggung jawab sosial perupa. Ia mulai intens menggali sisi gelap sejarah, khususnya sejarah kelam Pulau Jeju, untuk dijadikan subjek karyanya. Sejarah kelam yang dimaksud adalah pembantaian massal yang dilakukan aparat keamanan Korea Selatan terhadap sekitar 30.000 warga Pulau Jeju yang dituduh “komunis” selepas Perang Dunia II (1948-1949). Sejumlah karya Yong Sung, termasuk sebuah lukisan berukuran sangat besar, menjadi bagian dari kompleks monumental “Jeju April 3rd Peace Memorial Hall” yang dibangun untuk mengenang korban sejarah kelam tersebut.

Pameran bertajuk “Alone” ini merupakan pameran tunggal  pertama Yong Sung di Indonesia. Pada tahun 2005, 2013 dan 2014, Yong Sung pernah berpameran bersama sejumlah perupa Korea lainnya dan perupa Indonesia di Jakarta, Bali dan Jeju. Pameran akan dibuka 13 Januari 2015 dan akan berlangsung selama sebulan yakni hingga 13 Februari 2015. (111)

Komentar

Komentar

BACA  SMP PGRI 1 Juara Lomba “Ngelawar” BaliTV

About freshcms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>